Inilah Waktu Terbaik untuk Berolahraga

Apakah Fitters pernah bertanya-tanya kapan waktu yang baik untuk berolahraga? Kebanyakan orang tahu pentingnya olahraga dalam menjaga kesehatan, tetapi tidak semua orang menyadari bahwa waktu yang baik untuk berolahraga juga memiliki peran penting. Waktu olahraga yang baik dapat memberi manfaat kesehatan secara optimal dan membuat badan merasa lebih bugar sepanjang hari.

Bagi sebagian orang menganggap waktu olahraga yang baik untuk berolahraga adalah pagi hari, namun sebagian lainnya menganggap sore hari. Bahkan, ada yang memilih malam hari sebagai jam olahraga yang terbaik untuk mendapatkan hasil olahraga yang maksimal untuk kesehatan tubuhnya. Lalu, manakah sebenarnya waktu yang baik untuk berolahraga?

Ini Dia Waktu yang Baik Buat Olaharaga

Sebelum menentukan waktu yang baik untuk berolahraga, ada baiknya untuk mengenali ritme sirkadian tubuh. Ritme sirkadian adalah siklus yang mengatur pola kehidupan seseorang terkait jam tidur dan bangun seseorang dalam kurun waktu 24 jam. Ritme ini bekerja sama dengan otak serta dipengaruhi langsung dari lingkungan, seperti perubahan cahaya.

Sehingga, ritme sirkadian akan mempengaruhi fungsi tubuh seperti kadar hormon, tekanan darah, suhu badan, dan detak jantung. Dari sinilah, kondisi fungsi tubuh sangat berdampak terhadap kesiapan tubuh dalam berolahraga.

Oleh sebab itu, maka ada baiknya kenali ritme sirkadian Fitters sebelum berolahraga. Apakah Fitters termasuk pribadi yang early bird yakni seseorang yang cenderung produktif di pagi hari, atau night owl, tipe seseorang yang lebih menyukai aktivitas di malam hari. Berikut ini manfaat olahraga yang baik berdasarkan waktunya.

1. Pagi

Pagi hari menjadi waktu olahraga yang baik bagi Fitters yang memiliki niat untuk menurunkan berat badan, menurut ahli ilmu olahraga dari University of New England, Lara Carson, yang dimuat dalam majalah Women’s Health.

Saat olahraga di pagi hari akan membantu menstimulasi proses metabolisme tubuh. Sehingga, mampu membakar kalori yang jauh lebih banyak serta meningkatkan tekanan darah yang lebih stabil.

Melakukan olahraga pagi sebelum beraktivitas sehari-hari juga dapat menambah endorphin atau hormon yang membawa rasa senang, mengutip dari laman Healthline.

2. Siang

Ternyata berolahraga siang hari tepat saat jam makan siang dapat memberikan manfaat yang penting untuk melindungi dari kematian dini daripada olahraga di pagi, sore, atau malam hari.

Penelitian tersebut dipublikasikan di dalam jurnal Nature Communications yang berjudul Associations of the Timing of Physical Activity with All-Cause and Cause-Specific Mortality in a Prospective Cohort Study.

Manfaat lainnya berolahraga siang hari untuk kesehatan dapat menstabilkan peredaran darah, menghambat sel kanker, menjauhkan dari stress, dan menyehatkan persendian lutut.

Salah satu olahraga yang baik di siang hari adalah olahraga lari. Lari siang hari meningkatkan dari sisi stamina dan daya tahan olahraga, sebab berlari di bawah suhu yang panas akan meningkatkan jumlah hemoglobin sebesar 4-5%. Pembuktian ini diungkap dalam jurnal The Physiological Society yang berjudul Five Weeks of Heat Training Increases Haemoglobin Mass in Elite Cyclists.

3. Sore

Menurut penelitian dari Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports di tahun 2010, membuktikan bahwa pada sore hari kemampuan tubuh sedang berada di puncaknya saat berolahraga.

Suhu tubuh akan meningkat sepanjang hari yang mampu memaksimalkan fungsi kekuatan otot, aktivitas enzim, serta daya tahan tubuh. Dari jam 2 siang sampai pukul 6 sore merupakan titik puncak untuk suhu tubuh. Inilah sebabnya, sebagian orang memilih waktu olahraga yang baik pada sore hari. Karena dianggap menjadi waktu yang terbaik bagi kondisi tubuh dalam berolahraga.

4. Malam

Olahraga pada malam hari menjadi pilihan bagi sebagian orang yang memiliki kesibukan dari pagi hingga sore hari. Namun, banyak juga yang beranggapan olahraga saat malam hari akan mengganggu jam tidur. Tetapi anggapan tersebut, tidak sepenuhnya benar. Terganggunya jam tidur berkaitan dengan intensitas olahraga yang dilakukan.

Saat olahraga malam hari terbukti efektif untuk membentuk otot. Olahraga angkat beban jauh lebih baik dilaksanakan pada malam dibandingkan pagi hari. Dianjurkan setelah olahraga malam hari, tidak langsung tidur dan beri waktu 1,5 jam untuk istirahat supaya saat tidur lebih berkualitas.

Kamu bisa berolahraga apapun pilihan waktunya di FTL GYM, dimana jam operasional yang sangat panjang di seluruh club FTL GYM dibuka dari pukul 06.00-24.00 WIB.


Share:

More Posts

Zumba adalah jenis kegiatan olahraga yang telah mendapatkan popularitas yang besar dalam beberapa tahun terakhir. Dengan perpaduan antara gerakan tarian yang enerjik dan musik berirama,

WORKING HOURS

Customer Service : 24/7 hours 
FTL Opening hours : 06.00 – 24.00

DOWNLOAD NOW

Copyright 2024 @ FTL Gym. All Right Reserved